PENYEBAB KERUSAKAN HARDDISK

HARDDISK merupakan ruang simpan utama dalam sebuah komputer/laptop.disitulah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan,setiap data dan informasi disimpan.seperti halnya manusia,harddisk juga memiliki umur (batas pemakaian) diperkirakan sekitar 25000 sampai 200000 jam pemakaian.namun ada beberapa faktor yang dapat memperpendek usia harddisk.diataranya adalah :
1. Panas yang berlebihan 
Suhu didalam harddisk yang panas membuat kinerja harddisk tidak stabil oleh sebab itu faktor pendinginan pada chasing terutama penggunaan kipas pendingin dan tata letak harddisk perlu dipertimbangkan.
2. Guncangan
Terlalu sering dibawa-bawa tanpa pengaman mengakibatkan platterr harddisk rusak karena goncangan yang berlebihan atau karena Komputer/Laptop terjatuh,tepukul benda yang keras sehingga akan menyebabkan berguncangnya kedudukan harddisk dan menyebabkan kerusakan harddisk secara fisik ataupun dapat menyebabkan data menjadi kacau. hal ini terjadi karena pada saat bekerja head harddisk mengambang beberapa mikrometer diatas permukaan piringan. Suatu goncangan atau benturan akan menyebabkan head menyentuh atau menggores bagian-bagian magnetik disk. Dengan kecepatan putar yang penuh, goresan ini akan merusak jalur jika hal ini terjadi pada daerah rawan seperti F A T atau direktori akibatnya akan fatal sekali, dapat dipastikan bahwa data yang ada akan rusak.
3. Kerusakan Komponen
Faktor ini amatlah tergantung pada mutu dad hardware perangkat keras komputer yang kita gunakan. Pada kornputer yang mutu hardwarenya kurang bagus.kerusakan komponen dapat terjadi karena pemakaian yang terus menerus, sehingga menyebabkan panas yang berlebih.
4. Penggunaan yang tidak Sesuai Prosedur
Sebagai pengguna komputer, kita dapat memegang andil dalam rusaknya hardisk hal ini terjadi apabila kita memakainya secara serampangan. Contoh yang paling mudah adalah, pada saat memakai hardisk kita tidak melakukan prosedur parkir sebelum mematikan komputer. Jika ini tidak dilakukan maka pada saat komputer dimatikan posisi head dapat berada di sembarang posisi, jika posisi tersebut berada pada dimana data disimpan dan head menyentuh permukaan disk maka data akan rusak karena rusaknya permukaan disk tersebut yang lebih berbahaya jika kita tidak melakukan parkir dan kebetulan posisi head berada pada bagian rawan disk.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada harddisk.semoga bermanfaat.
PENYEBAB KERUSAKAN HARDDISK
Item Reviewed: PENYEBAB KERUSAKAN HARDDISK 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Pertamax... Wah makasih infonya sob :)
Absen siang

makasih Kunjungannya Sob...
Pertamax Aman...!!!

makasih sob...!!!

pertamax dicuri lagi...

nice info...
Sukses untuk kontes SEOnya

salam bahagia dan semangat berbagi
Revolusi Galau

please cek my blog..... cara atur halaman awalnya susah...

Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!