FUNGSI DISK DEFRAGMENTER PADA LAPTOP / KOMPUTER

Disk defragmenter merupakan salah satu tools bawaan windows  yang berguna untuk MENATA KEMBALI FILE2 YANG TELAH DIACAK-ACAK baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Biasanya file-file dihardisk kita tidak beraturan mungkin karena pengaruh sering instal program, menutup aplikasi secara tidak normal (hang), mengcopy dan menghapus atau memindahkan file, dan berbagai aktifitas managemen file lainnya.

Jika di ibaratkan lembaran-lembaran kertas,maka sebagian merupakan lembar kuitansi,lembar catatan harian dan lembar catatan lain yang jika tidak di atur maka akan terlihat berserakan di atas meja kerja atau di dalam lemari lemari sahabat (rantasaki dilihat).Maka untuk memudahkan sahabat mendapatkan file (catatan) ada baiknya sahabat masukkannya kedalam Map (folder). sehingga jika sahabat mencari file kuitansi hanya perlu mengambil map kuitansi saja, tidak perlu mengganggu map yang lainnya. Demikian pula windows akan mengatur file sistem, file aplikasi, dan file data ke dalam lokasi-lokasi tertentu di dalam hardisk sehingga memudahkan windows mencari file-file yang dibutuhkan.

Nah, selain buat menata file, defragmenter ini juga mempunyai fungsi menjaga kestabilan dan kondisi hardisk karena defragmenter mampu mengakomodasi dan men-fix kan boot sector dalam hardisk ataupun error program.
 
Berikut tutorial menggunakan disk defragmenter:
 
1.    Pada start menu pilih program->Acessories -> System Tools -> Disk defragmenter

2.    Pilih drive yang berisi file windows sahabat (misalnya drive C), secara default windows diinstal di drive C


3.    Klik tombol Analyze, tunggu hingga windows melakukan analisa terhadap file-file di hardisk sahabat. Jika ada file yang belum terfragmentasi maka kotak dialok untuk melakukan defrag. Tekan tombol defrag, proses ini butuh waktu sekitar 1 - 4 jam tergantung kapasitas hardisk yang di defrag



Catatan:
Proses defrag ini sebaiknya dilakukan sekali sebulan jika banyak melakukan prubahan file pada hardisk anda, jika jarang melakukan perubahan sebaiknya sekali dalam 2 bulan.
FUNGSI DISK DEFRAGMENTER PADA LAPTOP / KOMPUTER
Item Reviewed: FUNGSI DISK DEFRAGMENTER PADA LAPTOP / KOMPUTER 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Pertamax diamankan... Makasih ya sob :D
Absen siang sob

Bukannya Pertamax dicuri gan???
sama2 gan..!!!

salah satu cara bikin awet dokumen sama file biar ga brantakan :D
hehehehehe...

wwewewew ia think u

artikelnya sangat membantu :)) thx

nganjay gan, mantap nih. bisa dikit-dikit ngerti masalah ngerapiin hardisk

Thanks yaaah.... Alhamdulillah tambah ilmu...

Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!