Cara Mengatasi Laptop/Komputer sering RESTART sendiri

Mungkin banyak diantara sahabat yang mengeluhkan,kenapa laptop atau Komputer  saya sering Restart sendiri ?? bahkan sebelum masuk windows,atau restartnya berulang-ulang tanpa kita ketahui apa penyebabnya.Untuk mengatasi masalah Restart sendiri pada laptop/PC  berikut ada sedikit tips buat sahabat untuk mengatasi masalah ini.
Ada 2 hal mendasar yang perlu sahabat ketahui sebagai penyebab masalah restart sendiri pada Laptop/Komputer sahabat.berdasarkan pengalaman,hal yang paling sering menyebabkan Laptop/Komputer restar sendiri :
  1. Kelistrikan : listrik adalah hal utama yang harus sahabat periksa, dalam hal ini ialah Voltase (Voltage) tegangan listrik sahabat. Gunakan AVO Meter untuk mengecek tegangan voltase listrik sahabat, colokkan avo meter pada listrik dinding sahabat, apakah sudah mencapai 220 V ? , jika tidak mencapai tegangan 220 V atau hanya sekitar 160-190 V ( naik turun ), saya jamin komputer sobat akan restart terus menerus, dalam hal ini sebagai solusi maka sahabat harus menggunakan bantuan Stabilizer / Stavolt. Jika perlu suruh orang PLN untuk membetulkan listrik rumah sahabat dan marahi sekalian.hehe!!! ( Supply listrik yang kurang akan menyebabkan komputer restart / mati dan berdampak pada kerusakan Hardware, Hard Disk, Motherboard dan Memory ).
  2. Power Supply : Kerusakan Power Supply sedikit sekali yang memprediksi, Power Supply yang rusak akan mengalirkan listrik yang tidak sempurna yaitu naik-turun dan tersendat-sendat, ketika power supply tegangan turun, komputer sahabat akan restart. (Solusi : Cara mudah dan ampuh ialah menggunakan fan / kipas yang memiliki lampu, perhatikan terang lampunya, jika terkedip-kedip segeralah ganti power supply sahabat.)
Jika sahabat merasa Kelistrikan bukan yang menjadi alasan komputer restart sendiri maka perhatikan berikut ini :
1. Restart saat Booting Windows.
Jika Restart saat Booting windows, hal ini lebih disebabkan karena kerusakan pada system start up, istilahnya file corrupt pada windows, atau memory yang sahabat pakai kurang besar / rusak.

Solusi : Jika rusak windows maka sahabat harus instalasi ulang / meng install windows lagi. Ingat !!! terkadang hal ini juga karena memory, saat windows restart maka CPU / Processor akan bekerja sangat kencang, jika memory tidak menunjang maka akan terjadi restart.

2. Restart saat Menjalankan Program / Main Games ( Low / Bad Memory )
Saat sahabat menjalankan aplikasi yang besarnya tidak sesuai dengan spesifikasi Laptop/Komputer sahabat maka akan terjadi restart, Low Memory yang biasa menjadi penyebabnya. Misalkan sahabat main game yang besar dan sahabat menjalankan Multi Tasking misalnya main game dan membuka program-program yang lainnya yang menyebabkan memory sahabat bekerja ekstra keras,termasuk anti virus,anti virus akan memakan source komputer sahabat lumayan banyak dan terkadang komputer sahabat akan menjadi berat.

Solusi : tambah kapasitas Memory. Ingat !!! Bad Memory juga menyebabkan komputer sering Blue Screen dan Restart.

3. CPU / Processor Panas
CPU / Processor yang terlalu panas dapat menyebabkan komputer restart, cek suhu CPU sahabat pada system BIOS, suhu normal berkisar antara 45º-55º , jika ini yang menjadi penyebabnya.

Solusi : Lepas CPU / Processor , bersihkan berikan Thermal Pasta / Pasta Pendingin CPU, lihat kipas / fan nya, kalo perlu ganti yang bagus, jangan yang bertuliskan Made in China (Cari yang Made in Indonesia)!!!

4. Program Crash / Virus-Malware
Banyak program yang memakan source komputer terlalu besar, saya sarankan sesuaikan program yang sahabat install dengan spesifikasi komputer sobat, Virus juga sering mengambil sumber daya komputer yang besar tanpa kita sadari.

Solusi : Ganti komputer lama sobat dengan komputer yang mumpuni dan pasanglah Anti virus.

Hal-hal diatas ialah penyebab yang paling sering membuat komputer sering restart sendiri, saya sarankan memeriksa dan mecoba langkah-langkah diatas,semoga saja tulisan ini menyelesaikan masalah sahabat.
Cara Mengatasi Laptop/Komputer sering RESTART sendiri
Item Reviewed: Cara Mengatasi Laptop/Komputer sering RESTART sendiri 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

thanks yah gan atas tutorialnya!

sama-sama gan semoga bermanfaat...!!!

Minta pencerahan gan..laptop yang baru saja saya instal tidak dapat masuk ke windows..!!
Belum sempat masuk loading windows langsung restart sendiri..
Berulang kali seperti itu,,Kira2 kenapa gan??

Gan kalo saya tuh masalahnya,saat komputer dinyalakan nah di saat itu komputer saya restar terus gimana solusinya?

Nice POst Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya
http://servislaptopdisurabaya.blogspot.com/

Kalo laptop saya gan,sudah masuk windows terus pas baru masuk restart langaung gan,pencerahan nya gan ?

Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!